Heboh Simbol Palu Arit di Uang Baru, Ini Reaksi Fadli Zon

Placeholder
Nusantara

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengomentari soal heboh ada simbol tersembunyi palu dan arit di uang baru yang dikeluarkan Bank Indonesia. Fadli Zon juga membaca kemungkinan ada oknum yang sengaja melakukan itu.

"Tapi saya yakin pimpinan Bank Indonesia tidak ada maksud seperti itu. Ini proses dari bawah dan perlu didalami siapa yang desain, sehingga timbul resah dan pertanyaan," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2017.

Menurutnya, ini menjadi hal yang wajar ditanyakan. Soal Habib Rizieq pernah menyebut bahwa logo pada uang kertas baru yang dikeluarkan Bank Indonesia bergambar palu arit,sebagai penghasutan kepada masyarakat, ia menilai tidak ada satupun tindak kriminal atau penghasutan.

"Saya tolak kalau dibilang ada penghasutan. Kalau dilakukan (proses hukum), polisi lakukan kriminalisasi. Orang boleh berpendapat. Polisi harus hati-hati agar jangan jadi kriminalisasi. Saya akan coba kawal apa yang jadi aspirasi bapak-ibu agar hukum tegak seadil-adilnya," kata Fadli.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Iriawan, mengungkapkan pihaknya tengah membidik Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, dalam kasus dugaan fitnah.

Melalui sebuah video yang viral di media sosial youtube, Imam besar Front Pembela Islam (FPI) ini dalam ceramahnya menyebut mata uang Indonesia yang baru diterbitkan ada lambang palu arit. Dalam video berdurasi 13 menit 7 detik tersebut, Rizieq membandingkan mata uang Indonesia cetakan lama dengan cetakan baru.



Warta Sejenis

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!