Surat Izin Habis Masa Berlaku, Nelayan tak Bisa Melaut

  • Surat Izin Habis Masa Berlaku, Nelayan tak Bisa Melaut
  • Surat Izin Habis Masa Berlaku, Nelayan tak Bisa Melaut
Nusantara

INDRAMAYU - Nelayan di Kabupaten Indramayu terancam tak bisa melaut. Pasalnya, masa berlaku sejumlah surat izin kelengkapan dalam berlayarnya telah habis. Namun, perpanjangan surat itu terkendala alat tangkap mereka yang tak sesuai aturan.

Ketua KUD Misaya Mina Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Mansyur, mengungkapkan, sejumlah surat izin kelengkapan dalam berlayar yang dimiliki nelayan banyak yang telah habis masa berlakunya pada 31 Desember 2016. "Surat izinnya setahun sekali, habis akhir Desember ini," ujarnya, Ahad (1/1).

Mansyur menyatakan, perpanjangan surat kelengkapan berlayar sebenarnya tidak ada masalah bagi nelayan yang alat tangkapnya sesuai ketentuan pemerintah. Menurutnya, perpanjangan surat tersebut menjadi masalah bagi nelayan yang alat tangkapnya melanggar Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 2 tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Mansyur menyebutkan, di Kabupaten Indramayu masih terdapat nelayan yang menggunakan alat tangkap tak sesuai dengan ketentuan. Padahal, penggunaan alat tangkap yang sesuai dengan ketentuan merupakan salah satu syarat untuk memperpanjang surat izin dalam berlayar.

Mansyur berharap, ada solusi yang bisa membantu para nelayan. Seperti misalnya, bantuan pemberian alat tangkap dari pemerintah karena alat tangkap tersebut harganya mahal. "Harus ada win-win solution," kata Mansyur.

Jika masalah terus dibiarkan terus berlarut, maka para nelayan terancam tak dapat melaut. Pasalnya, jika dipaksakan untuk melaut, nelayan bisa terancam berhadapan dengan hukum.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!